Kamis, 27 Agustus 2015

Perencanaan Susunan Sound System Analog Sederhana


Beberapa kali ketika saya sedang menangani kebutuhan sound system dalam sebuah event, entah menjadi operator atau hanya mendampingi sering saya bertemu orang - orang baru yang memiliki ketertarikan dengan apa itu sound system. Mereka berkenalan dengan saya dan bertanya banyak hal tentang sound system. Banyak orang yang memiliki pertanyaan yang sama. Yaitu ingin belajar tentang sound system, ingin mempunyai sound system yang sederhana enak buat rumahan tapi juga bisa di gunakan untuk keperluan RT, RW sampai pernikahan. Oleh karena itu disini saya ingin mengulas tentang susunan sound system analog sederhana. Semoga bermanfaat. 

Sebelumnya mari kita mengenal apa itu yang di sebut sound system. Menurut buku yang saya pelajari sewaktu masih sekolah di sekolah musik tentang Dasar Teknologi Musik susunan sound system adalah susunan peralatan elektronik yang berfungsi sebagai penguat dan pengolah suara sehingga suara yang di hasilkan memiliki kualitas yang baik dan dapat di dengar oleh banyak orang. 

Lalu peralatan apa saja yang di perlukan untuk sebuah sound system pada umumnya. 

MICROPHONE
Fungsi microphone sendiri adalah pengubah getaran suara menjadi gelombang elektro.


MIXER AUDIO
Fungsi mixer audio adalah pengolah, pencampur beberapa sumber bunyi menjadi satu pengolahan suara dengan hasil suara yang lebih baik.


EQUALIZER
Fungsi equalizer adalah untuk menambah ataupun memotong frekuensi atau nada yang dirasa kurang atau berlebih. Sehingga suara yang dihasilkan lebih penuh dan padat.


CROSSOVER
Fungsi crosover actif sendiri adalah pembagi signal audio menjadi beberapa frekuensi sebelum signal tersebut masuk ke power amplifier


POWER AMPLIFIER
Power amplifier adalah penguat akhir bagian sistem tata suara yang berfungsi sebagai penguat sinyal audio yang pada dasarnya merupakan penguat tegangan dan arus dari sinyal audio yang bertujuan untuk menggerakan sepeaker.


SPEAKER
Fungsi speaker sendiri kebalikan dari fungsi microphone. Yaitu merubah gelombang elektro menjadi getaran dan menghasilkan suara.

Inilah alat - alat yang umumnya di gunakan dalam susunan sound system. Alat - alat diatas memang memiliki harga yang relatif mahal. Tetapi disini yang mau saya bahas adalah susunan sound system sederhana yang bisa di gunakan di rumah dan tingkat RT atau RW. 

Sebenarnya hanya cukup dengan memiliki microphone, mixer, power dan speaker sudah dapat mengcover untuk keperluan sound system rumahan dan tingkat RT, RW.

Microphone→Mixer→Power→Speaker

MICROPHONE
Microphone sendiri ada banyak macamnya ada dynamic, condesor, wairlles, isntrumen dll. Tetapi yang paling sering di gunakan adalah mic kabel untuk vokal. 
Saran : pilihlah microphone dynamic karena lebih mudah penggunaan dan perawatan. 

MIXER AUDIO
Untuk mixer sendiri pilihlah mixer yang berkualitas. Belilah mixer di dealer resmi, sehingga kita benar - benar mendapat mutu barang dan garansi resmi.
Untuk jumlah chanel cukup dengan 4 →→ 12 cnanel input sesuai kebutuhan.
Saran : surveilah jenis mixer yang akan di beli dan sesusikan dengan buged anggaran.

POWER
Untuk power sendiri pilihlah power yang berkualitas. Sesuaikan daya output power dengan daya speaker. Bila membeli power belilah di dealer resmi sehingga kualitas mutu dan garansi terjamin.

SPEAKER
Untuk speaker, pilihlah speaker yang praktis dalam pengoperasian, proses loading dan penyimpanan. Selain itu untuk speaker usahkan selalu pilih yang berkualitas. 

Alat - alat diatas adalah contoh paling sederhana susunan sound system analog yang bisa di gunakan untuk rumahan dan tingkat RT → RW, Semoga bermafaat.


18 komentar:

Unknown mengatakan...

Misi gan mau nanya. Ane punya power ama mixer. Apakah masih perlu tone control? Mohon pencerahan gan masih awam trmksih sblmnya

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Tergantung keperluannya mas.. yg jelas sbnrnya fungsi dari semua acesoris seperti eq, tone control, crosover dll adalah untuk mengolah agar suara yg dihasilkan mempunyai kualitas lbih baik ketika didengarkan..

Unknown mengatakan...

mau tanya mass.. saya punya alat power yamaha p 7000, 4 unit. mixer yamaha MGP 24x dan peralatan sound sistem lainnya. tapi saya tidak pakai crosover, saya rasa hasilnya krang max. jika saya pakai crosover ashley sperti yg diatas, apa saya harus pakai tone lagi ??

Unknown mengatakan...

tanya gan.
saya merasa krang puas dgn kualitas suara yg dihasilkan.
alat saya power yamaha p7000 4 unit, mixer yamaha mgp 24x. dan Eq.
jika ditambah crosover ashly 4001, gmn hasilnya gan ?
apa harus pakai tone lagi ?

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Fungsi crosover aktif sendri adalah pembgi signal frekuensi tertentu menjdi kelompok2 jalur ( way ) sebelum masuk kepower.. Sehingga bisa mengatur kerja speaker, agar speaker bisa bekerja sesuai jenis karakter dan daerah lebar frekuensi kerjanya, serta dapat mencegah terbakarnya Voice koil speaker karena penggunaan yg over atau tdk sesuai.
Jadi pasti akan lebih baik bila susunan sistem ditambah dengan crosover aktif.

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Klo untuk FOH ( front of house ) tinggal tmbh crosver aktif dah cukup mas.. Mixer > eq > cros > power > speaker ..

Unknown mengatakan...

Mas saya mau nanya dong saya punya
Driver yiroshi mk 5 suaranya kok magep magep ya. Minta bantuannya dong

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Mas Arifin Adiputra.. yorishinya buat angkat speaker berapa inc, berapa watt dan main diberapa ohm mas.. karena semua berkaitan... misalnya driver nlazer sanken X8 dengan trafo 10 amper klo buat angkat 15' lokal misalnya acr 15600 dengan daya max 500watt main di 4 ohm tentu kuat mas... dibanding misalnya mengangkat speaker lokal acr fabulos 15' dengan daya max 1000watt main di 4 ohm.. bunyi sih bunyi tapi tentu akan megap megap kehabisan tenaga.

Unknown mengatakan...

Gan kalo speaker 15 inci 2 unit untuk bas dan speaker 12 inci 4 unit untuk middle udah cocok buat sound sistem hajatan outdoor atau belum gan

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Hallo mas Ali Reza... sebenarnya dengan 15' dua buah untul low dan 12' dua buah serta tweter dua buah sudah bisa mas... apa lagi sekarang produk speaker sudah bagus2 dan beragam juga banyak pilihan harga... bahkan produk lokal pun sudah sangat bagus kualitasnya sekarang...

Aremahead mengatakan...

mas saya punya speaker 15" huper HA400,mixer mackie pro 12..apa cukup untuk panggung acara musik akustik RT di lapangan voli?apa perlu tambahan stavolt? makasih mas

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

mas aremahead, sudah cukup mas.. dah mantab itu untuk small ivent..
boleh mas ditambah stavolt...

Awal audio mengatakan...

Assalamualaikum..sy punya sound hanya untuk di pake di rumah saja, namun blum yakin dengan susunannya maklum masih belajar, susunan yang sy terapkan :
1.Dvd player
2.mixer pewie mx 688eq
3.parametric
4.Bass boster expander
5.power amplifier dengan spesifikasi
1.trafo bell 15A 45ct
2.kit driver yiroshi 3 tingkat
3.tr final sanken 8 pasang(8x2=16)
4.elco10000x4buah
5.sepeker 15x4( 2 dobel isi)
Tolong apalagi yang harus tambahkan sound saya tkasih

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Speakernya apakah sudah mnggunakan hi driver ( twiter )
Klo untuk rumahan saya kira udah sangat cukup itu...

Unknown mengatakan...

Jika saya mempunyai 1 power saja AP bisa di gunakan system 3 way!

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Bisa bila dengan menggunakan crosover pasif, satu power bisa untuk 3 way

Unknown mengatakan...

Mantap

Unknown mengatakan...

Mantap penjelasannya