Kamis, 26 Februari 2015

Share kualitas Mixer Yamaha MG16XU

Menurut saya Mg16xu itu mixer analog yang simple, praktis tapi puas. Tanggal 5 feb 2015 kemarin saya mencoba menggeber mixer ini untuk sebuah ivent yang lumayan akan membuat mixer ini kerja keras atau mungkin malah membuat saya kebingungan.. Dan ternyata mixer ini mampu menghasilkan hasil akhir yang luar biasa mantab..

Pada waktu itu saya mendapat ivent sebuah syukuran keluarga atas kelahiran anak dan syukuran tempat usaha. Dan yang membuat istimewa bagi saya ivent ini menggunakan musik gamelan. Dengan luas ruangan 15 x 25 meter saya menggunaka 4 speaker active stand. Pertama saya berpikir untuk mengganti mixer dengan chanel yang lebih banyak. Tapi pikiran saya berhenti ke tujuan awal yaitu mencoba mixer seri ini dan menggebernya. Dalam pikiran saya bukan sound man / SE namanya bila tidak dapat mengatasi persoalan semacam ini. apalagi ini termasuk kategori small ivent yang dihadiri tidak lebih dari 150 orang.
Saya pun berpikir sambil memandangi mixer.. bagaimana dengan mixer yang hanya mempunyai 10 chanel mic mono dan 2 chanel stereo untuk membackup ivent ini.. tak ada rotan akarpun jadi mixer ini sudah di lengkapi phantom power 48v, compress knop, kurang apalagi. 


Saya segera menemui tuan rumah untuk menanyakan detail acara dan tenyata hanya 1 mic vokal utama yang digunakan, jadi chanel lain bisa saya gunakan untuk gamelan pikir saya. Berdasarkan beberapa kali pengalaman akhirnya gamelan pun selesai di seting dan tinggal cek sound. Sambil hitung luas ruangan dan seting menggunakan Real Time Analyzer akhirnya di temukan, bahwa musik gamelan itu mempunyai suara acoustic yang keras. Akhirnya disimpulkan untuk ruangan dengan ukuran diatas ditambah dengan sound system dan acoustic gamelan sendiri maka hasilnya adalah terlalu berlebihan.. berisik dan terlalu mengganggu telinga.. Akhirnya saya hanya menguatkan intrumen2 lemah yang ada di gamelan untuk lebih utama menggunakan mic. Seperti kendang, rebab dan bonang. Sedangkan intrumen - intrumen lain yang menghasikan spl Besar saya jadikan grup mic ( satu mic untuk bersama ) seperti ketuk kenong, saron dan gong.
Cek sound kedua dimulai, di temani real time analyzer.
" Tak dung tak ning nong ning tak dung tak gooooongg" 
Dan akhirnya ketemu juga yang di inginkan. suara yang padat, soft, enak di dengar. Acara pun berjalan lancar. Hingga akhir acara ada seseorang yang menghampiri saya dan meminta contack person saya dan mengatakan bahwa dia senang dan puas dengan hasil sound yang saya tangani.
Wah seneng rasanya bisa melayani dan membuat orang lain puas.

Kesimpulannya mixer yamaha mg16xu memiliki kualitas yang mumpuni. Walau semua chanel saya gunakan tetap stabil dan tidak banyak saya merubah memutar2 mengatur tone eq selama acra. Sudah ada tambahan compress dan ini sangat membantu dalam set ruang indoor yang tidak terlalu luas. 


Tank's Pak Agus dan Pak Budi sudah di percaya menangani ivent di ruko dan beserta team work anda.



9 komentar:

cellcom.blogspot.com mengatakan...

Apa kekurangan ddari mixer mgp 32x.menurut informasi mixer ini sering mati di tiap chanelnya.soalnya mau beli mixer type ini.mohon informasinya.thanks

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Saya juga menggunakan mixer mgp 32x
Slama ini belum ad ganguan. Masih lncar jaya. Cuma untuk lbih baik selalu gunakan stavol atau filter sperti fhurman untuk suplay power listriknya biar aman dari lonjkan arus listrik bila mnggunakan genset, sehingga software bawaan mixer lbih aman. Dan slalu bersihkan mixer dari debu dan kotoran setelah digunakan.

wahyu nugroho mengatakan...

Mas, mau nanya yamaha mg16xu ini pake power trafo atau ac matic ya?

wahyu nugroho mengatakan...

Saya sebelumnya memakai yamaha mg16/6fx yang pakai trafo. Pengen ganti, ceritanya. Yang simple udah ada compressor sama efek digitalnya. Untuk suara bagusan mana ya mas, mg16/6fx sama mg16xu? Terimakasih.

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

AC matic

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Lebih enak yg xu krn sya jg punya yg mg biasa mas...

Unknown mengatakan...

Kalo sama mg 166cx bagusan mana om?

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

klo untuk pre-amp nya lebih bagus yg MG16XU... begitu juga effeknya..
tapi semua tetap tergantung pada penggunanya mas lebih suka dan cocok yang mana

Unknown mengatakan...

sy sdh mencoba mg16cx hasil signal preampnya lebih kuat,cm effectnya terbatas hanya bisa 1jenis, kalau mg16xu preamnya lebih lemah,effectnya juga cm bisa 1jenis,kalo mgp preampnya kuat,soft & effectnya bisa dengan dua jenis, sy juga selalu merefrensikan sama pelanggan audio saya.