Rabu, 26 Agustus 2015

Tips Perawatan Peralatan Sound System

Peralatan Sound Pertamaku

Peralatan elektronik pada umumnya dan khususnya sound system sebenarnya rentan terhadap kerusakan. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap kerusakan alat sound system sendiri. Misalkan penurunan nilai komponen karena sering digunakan, kelembaban udara, panas yang berlebih, debu hingga kesalahan pengoperasian dan penggunaan atau yang sering di sebut uman error. Oleh karena itu sangat penting untuk dilakukan perawatan rutin dan berkala. Semoga tips ini dapat membantu dan berguna bagi teman - teman penggiat sound system.



MIXER
Peralatan audio yang penting dengan harga yang relatif mahal ini sangat penting untuk kita rawat secara berkala dan rutin. Sebelum dan sesudah di gunakan sebaiknya kita cek, baik fungsi sistem dan keadaan fisik. Untuk membersihkan cukup dengan kuas kering dan kain lap. Jangan menggunakan cairan apapun baik alkohol, tiner atau yang berbahan dasar minyak dan air karena akan merusak cat dan menyebabkan korosi. Dalam penggunaan dan pengoperasian sendiri agar lebih awet gunakanlah produk filter untuk arus listrik seperti stavol atau filter yang secara khusus yang diperuntukan untuk alat audio yang sudah banyak tersedia di pasaran.
Bila mixer di gunakan untuk rent sebaiknya di buatkan dan di simpan dalam hardcase. Fungsi hardcase sendiri sangat banyak, selain melindungi saat loading dan memudahkan dalam proses penyimpanan. Untuk lebih baiknya pilihlah hardcase dengan kualitas bahan dan pelapisan yang baik.



PROSESSOR ( ACCESORIES )
Begitu pula dengan peralatan prosessor seperti equalizer, crosover, compressor, DLMS,dll. Perlu dan sebaiknya wajib kita cek sebelum dan sesudah digunakan baik fungsi dan keadaan fisik. Gunakanlah kuas kering dan kain lap kering. Jangan di bersihkan dengan cairan apapun baik yang berbahan dasar minyak dan air. Bila untuk rent simpan dan susun ( sebaiknya ) dengan rackcase / hardcase khusus accesories audio. Selama pengoperasian gunakanlah produk filter untuk arus listrik seperti stavol dll.



POWER
Power, peralatan dengan konsumsi daya listrik yang relatif besar. Sangat dan harus selalu di cek sebelum dan sesudah di gunakan. Baik kondisi fisik dan fungsional sistem. Karena power rata - rata menggunakam kipas sebagai sistem pendingin, otomatis didalamnya akan cenderung kotor oleh debu. Maka untuk membersihkan debu dan kotoran dapat menggunakan kuas kering di bagian dalam ataupun luar atau menggunakan mini vacum cleaner.  Jangan di bersihkan dengan cairan baik yang berbahan dasar minyak dan air karena akan menimbulkan korosi. Baik pula bila power di simpan dalam hardcase khusus power. Selama pengoperasian perlu juga menggunakan filter untuk memfilter lonjakan2 arus apalagi bila menggunakan genset.



KABEL
Banyak orang penggiat sound system selalu memandang prioritas utama adalah mixer, power dan speaker. Padahal disini kabellah yang berfungsi penting sebagai jalur penghubung semua sistem. Baik kabel microphone, kabel speaker, kabel snake dll. Untuk kabel sendiri sebaiknya selalu cek sebelum dan sesudah digunakan, pisahkah mana kabel yang masih layak di gunakan dan mana yg sudah tidak layak. Bila kabel kotor dapat di bersihkan dengan lap kering ataupun basah. Simpanlah kabel menurut jenis dan peruntukan dalam kotak/box/case sendiri - sendiri. Misalkan kabel microphone dalam satu kotak berisi semua jenis kabel microphone. Pastikan gulung dengan baik dan benar, tidak semrawut melainkan rapi. Berilah label atau nama dan pengikat per gulung pada kabel sehingga mudah dalam penyimpanan dan penggunaan.



MICROPHONE
Microphone, alat perubah getaran suara menjadi gelombang elektro ini sangat rentan dengan korosi. Oleh karena itu selalu cek baik fungsi dan keadaan fisik sebelum dan sesudah penggunaan. Bersihkan dengan lap kering terutama setelah penggunaan. Lebih baik simpan di dalam hardcase khusus microphone. Jangan di bersihkan dengan cairan baik yang berbahan dasar minyak ataupun air. Untuk mic vokal karena langsung bersentuhan dengan kulit dan bibir wajib selalu di bersihkan dengan lap kain kering atau tissue. Bila mulai timbul korosi karat dapat di ganti head grill dengan yang baru atau di cat ulang. Karena karat bila bersentuhan langsung dengan mulut dapat menyebabkan penyakit.



SPEAKER
Speaker dengan fungsi berlawanan dengan fungsi microphone. Yaitu mengubah gelombang elektro menjadi getaran dan menghasilkan bunyi.  Selalu usahakan untuk cek rutin speaker sebelum dan sesudah penggunaan. Speaker sendiri sangat rentan terhadap kelembapan udara dan air. Oleh karena itu lebih baik bila box speaker di lapis dengan bahan yang baik dan tahan air. Selain itu untuk grill pelindung dapat di beri spons pelindung air dan debu. Bila di rasa perlu bisa di simpan dalam box hardcase untuk melindungi dan memudahkan penyimpanan. 

Tidak ada komentar: