Jumat, 25 September 2015

Share kualitas Mixer Yamaha Mgp32X


Salam Jedug,

Disini saya mau berbagi pengalaman explore fitur dan kualitas mixer Yamaha mgp32x yang pernah saya uji coba dalam setingan yang diluar zona aman dan idealis alat built up. Mixer Yamaha Mgp32x sendiri merupakan mixer yang bisa disebut semi digital dengan jargonnya digital heart analog soul. Dimana di dalamnya terdapat fungsi GEQ, compressor, effek, LPF yang bisa diatur secara digital. Sudah di lengkapi dengan koneksi ke usb, sehingga bisa play musik langsung dari usb dan record langsung pula dari usb. Selain itu ada usb untuk koneksi ke iphone dan dilengkapi dengan software mgp editor yang dapat didownload gratis. Serta masih banyak fitur lagi yang terdapat di mixer ini.

Uji coba saya yang pertama di sebuah acara welcome party di kampus Atma Jaya yogyakarta dengan musik DJ pada tanggal 12 september 2015 dan yang kedua baru beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 24 september 2015, dimana kami menjadi sponsor untuk dua acara dalam satu hari. Yang pertama pagi hari pukul 09.00 wib untuk acara lomba St.Paul Cup di GHKY pugeran dan malam hari pukul 19.00 dangdut ceria bersama OHM DUGEM : Orkes Hiburan Masyarakat Dunia Gembira.



Welcome Party

Acara sendiri dimulai pukul 14.00 wib, di ikuti lebih dari 200 mahasiswa baru, dan di lapangan terbuka seukuran lapangan bola. Pada waktu itu untuk FOH saya membawa dua buah dual 12"+compress driver 1,5" untuk mid - hi dan dua buah dual 18" untuk low. Dua buah speaker actif 12" untuk monitor DJ

Disini tujuan saya ingin mencoba menggunakan susunan setingan :

mixer
crossover actif
power
speaker.

Saya ingin mencoba memaksimalkan pengolahan GEQ yang ada di internal mixer. Dan hasilnya ternyata luar biasa. Saya gunakan chanel stereo 31/32 yang di lengkapi dengan ducker dan leveler. Musik DJ pun mengguncang lapangan parkir belakang kampus hingga tembus terdengar di depan kampus yang berjarak lebih dari 300 meter dari titik acara. GEQ yang di miliki mixer ini sangat sensitif dan frekuensi responnya sangat bagus jernih untuk frekuensi hi dan deep untuk frekuensi low, tidak terlalu sulit untuk menemukan setingan suara yang di inginkan. Saran saya bagi yang tidak terbiasa menggunakan GEQ harus hati - hati karena bisa terjadi frekuensi yang terpotong terlalu jauh sehingga hasil suara akan terdengar tidak padat / penuh.








ST. Paul Cup

Lomba ini adalah lomba lektor dan pemazmur antar Gereja se - kevikepan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dua minggu sebelum lomba di laksanakan saya di undang rapat oleh panitia. Hasilnya, lomba akan di laksanakan di tiga tempat yang berbeda. Ada yang indoor dan outdoor secara bersamaan. Pertama pikiran saya terbesit untuk membawa dua atau tiga buah mixer, tetapi kembali ke tujuan awal untuk memaksimalkan dan menggeber fitur yang tersedia dari mixer ini. Setelah berbincang dengan panitia sambil survei lokasi hasilnya adalah ada lomba fun game outdoor dengan 2 orang pembawa acara, lomba cerdas cermat indoor yang berkonsep formal dengan 6 - 8 mic kabel. Serta perlu adanya mic informasi di ruang panitia yang berdiri sendiri yang berfungsi memberi informasi kepada keseluruhan peserta lomba dan di akhir acara penutupan lomba ada pengumuman hadiah dengan hiburan acoustik band.

Baiklah mari berpikir...

Sambil berdikusi dan menulis dengan crew akhirnya begini kesimpulannya

Untuk fun game out door saya menggukan warlles dan send out masternya dari grub 1 - 2 dengan setingan mixer grub out 1 - 2 → equalizer → crossover aktif → power → speaker

Untuk cerdas cermat indoor dengan mic kabel saya gunakan Stereo out dan memaksimalkan GEQ yang terdapat di mixer lalu ke power dan speaker stand 2 buah di dalam ruangan.

Sedangkan untuk ruang informasi panitia saya gunakan speaker stand yang ditempatkan di berbagai titik lokasi lomba dari pintu masuk hingga venue lomba. Pertama saya ingin menggunakan groub out 3 - 4, tetapi panitia ingin adanya cuplikan suara dari tiap venue ketika MC dari panitia berkeliling. Akhirnya saya menggunakan aux send 1 -2.
Dengan setingan :

Warlles → mixer aux 1 - 2 → equalizer → power → speaker.

Dan untuk penutupan acara yang notabene panggung utama ada di lokasi fun game maka saya tetap menggunakan setingan utama mic fun game dan melalui out grub 1 - 2, jadi hanya menambah jumlah mic saja.

Memang setingan seperti ini akan memakan waktu lama baik untuk setup alat ataupun cek sound. Oleh itu saya menggunakan RTA untuk mempercepat proses cek sound. Pukul 09.00 wib setelah opening lomba pun dimulai secara bersamaan dan selesai pukul 14.00 wib.

Mixer mgp ini sangat nyaman dalam pengoperasian. Walaupun saya gebler untuk venue yang berbeda dalam waktu bersamaan dan hanya menggunakan satu buah mixer mgp32x, hasil suara tetap stabil dan bagus. Saya tidak mengalami kerepotan dan masalah selama acara berlangsung. Bahkan lebih praktis dan efisien dalam pengaturan, karena satu buah mixer untuk mengatur tiga lokasi acara yang berdiri sendiri secara bersamaan dan hanya membutuhkan satu orang soundman.

Lomba Indoor


Fun Game Outdoor

Ruang Informasi Panitia



Dangdut Ceria

Pada sore hari langsung lanjut live dangdut ceria bersama Ohm Dugem. Disini saya ingin mencoba dengan sistem 2.1 yaitu LR dan mono sub langsung dari mixer. Dimana di fader out solo mixer terdapat LPF yang secara digital dapat diatur frekuensinya untuk sub out mono. Saya ingin mencoba seting dari mixer langsung ke power.

Mixer

Power

Speaker

Setup alat pukul 17.00 wib. Setelah itu saya menggunakan pink noise untuk sound cek. Untuk FOH saya menggunakan dua buah dual 12"+compress driver 1,5" untuk L R, dan sub saya menggunakan 4 buah 15" mono brigde di 2 ohm.
Untuk LPF karena untuk musik dangdut maka saya set di 100hz agar lebih menghentak.

Pertama saya sedikit kesulitan menyelaraskan frekuensi di out LR dan out mono sub. Setelah saya amati dan coba dengarkan baik - baik dan pengurangan frek low di GEQ akhirnya ketemu juga setingan suara yang di inginkan. Setelah itu semuanya lancar dan mixer ini termasuk nyaman ditangan, tidak terlalu banyak merubah setingan per chanel pada waktu live, hingga akhir acara pukul 23.30 Wib.



Bule pun ikut bergoyang




Kesimpulan

Mixer Yamaha Mgp32X mixer yang ramah di kantong di banding mixer branded lain di kelas 32 chanel tetapi memiliki fitur yang superior dikelasnya. Benar - benar penerapan teknologi yang maju sehingga memudahkan penggunaan dengan hasil suara yang bagus. Bisa lebih di explore baik GEQ, Effek, Compresor menggunakan mgp editor. Body yang kokoh dan posisi nyaman di tangan karena jarak potensio yang tidak jauh sehingga sangat mudah seting secara cepat. Hasil suara bagus dan clean di hi deep di low. Catatan : dalam GEQ sangat peka apalagi di frek hi.. bila terlalu over akan menghasilkam desis noise bila routing dari mixer → power. Oleh karena itu usahakan yang selaras dan seimbang dalam setingan GEQ, sehingga suara terdengar lebih padat.








Tidak ada komentar: