Rabu, 27 April 2016

Bikin Box low untuk speaker 12"

Salam jedug semua sahabat pecinta audio. Hari ini saya ingin berbagi pengalaman ketika saya membuat box untuk  low 12" yang rencana mau saya gunakan untuk small ivent dan indoor small ivent seperti Acoustik band, opening pameran atau bisa untuk ruang karaoke dirumah.

Rencana saya, saya ingin membuat box dengan model bass reflek standart, agar mudah tuning dan pengaturan ketika live serta bentuk yang dinamis, ringan, enak dipandang serta harga terjangkau. Oleh karena itu pertama saya harus mencari speaker dengan data speaker yang memiliki respon sekitar 40Hz - 3,6 Khz, dan itu tenyata tidak mudah. Karena saya menginginkan speaker dengan diameter 12'. Ada beberapa speaker impor dengan rentang frekuensi yang saya inginkan tapi tentunya dangan harga yang relatif mahal dan susah carinya, beberapa yang saya dapati adalah barang second dan sudah ada yang dililit ulang. Oleh karena itu saya mencoba berkeliling ke beberapa teman penjual dan penggiat sound system untuk mencari informasi dan sharing. 

Setelah beberapa hari saya mengumpulkan data sheet dan ketika saya bertamu ke rumah teman penggiat sound, saya menemukan brosur barang baru dari speaker local acr fabulous. Yaitu acr seri array 3060 dengan tipe dari pabrik tercantum woofer. Saya pun bergegas order yaitu di tempat Mas Arwan Kembar Audio, waktu itu baru tersedia 1 buah jadi saya inden untuk beli 4 buah, dengan harga yang cukup terjangkau. 


Setelah Speaker saya dapatkan saya pun langsung menbuat box utuk speaker ini sesuai data yang tercantum dari speaker. 




 Ukuran box T : 40 cm, L : 40 cm dan P : 40 cm dengan tipe bass reflek. dengan finising cat tekture dan dilapis cat putih.
Setelah jadi langsung saya gunakan untuk dua buah ivent. Yang pertama adalah acoustic band di Museum Dirgantara, yang kedua adalah Misa di salah satu lingkungan.

stagenya di bawah pesawat

monitor 4 biji dengan watt lebih besar dari pada foh  ( T_T ) sangar...

Disini saya mengkombinasikan dengan speaker pruduk dari X9 seri ALX karya Pak Sony Indra yang clarity tak perlu diragukan lagi. Pertamanya agak nekat juga untuk ivent ini walau dalam hati saya masih ada rasa kuatir dan akhirnya membawa monitor 4 buah untuk menghadapi kegalauan hasil suara, karena pengisinya adalah acoustik full band combo.
Dan ternyata ketika live hasil suara tidak mengecewakan, malah monitor akhirnya saya gunakan 2 buah saja. Bass lumayan tebal dari jarak 25 meter masih enak, sedangkan untuk audiensnya kurang lebih ada 100 orang dengan luas area seukuran lapangan basket.


Untuk ivent yang kedua ini masih dengan sistem yang sama dengan luas lokasi yang lebih kecil.


Kesimpulan
Ternyata enak juga low 12' , yang penting penggunaan sesuai dengan frekuensi kerja speaker dan luas lokasi yang harus dicover, kalo untuk detail  clarity dan kelembutan bassnya memang lebih soft dan tidak bising, lebih bisa dinikmati hasil suaranya. Jadi ga ada salahnya bikin low 12', bisa untuk small ivent, mudah ngesetnya, hasil suara bagus, dan tentunya tampil elegan.

15 komentar:

Unknown mengatakan...

Kotak merah berapa inchi mas?

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

yang kecil merah itu pruduk dari X9 mas.. 4x 4inchi dan 1 x 1inchi

Anonim mengatakan...

naturally like your web site however you need to test the spelling on quite
a few of your posts. Several of them are rife with spelling problems
and I in finding it very troublesome to inform the
reality nevertheless I'll surely come again again.

Anonim mengatakan...

Good day! I just wish to offer you a big thumbs up for your excellent info you have got right here on this post.
I am coming back to your site for more soon.

Bisri mengatakan...

Power amplifier nya pake apa mas.

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

klo yang ini costum mas.. karena menyesuakan daya watt speaker...

Anonim mengatakan...

I do trust all the concepts you have offered on your post.
They are really convincing and will certainly work.
Nonetheless, the posts are too short for beginners.
May just you please lengthen them a little from next time?
Thank you for the post.

Anonim mengatakan...

We stumbled over here by a different web page and thought I may as well check things out.

I like what I see so i am just following you. Look forward to going over your web page again.

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Thank you and sorry. Being input to writing more better next time

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Thank you so much...

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Thank you so much...

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Thank you so much

Anonim mengatakan...

Magnificent goods from you, man. I have understand your stuff
previous to and you are just extremely excellent.
I really like what you have acquired here, really like what you
are stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you
still care for to keep it smart. I can't wait to read much more from you.

This is actually a tremendous web site.

Anonim mengatakan...

Hi there it's me, I am also visiting this site daily, this website is in fact
pleasant and the viewers are truly sharing pleasant thoughts.

Anonim mengatakan...

This information is invaluable. How can I find out
more?