Sabtu, 31 Desember 2016

Bikin Costum collum Tower Array


Heloo semua saudara pecinta audio dan sound system. Kali ini saya mau share ketika saya mencoba membuat costum collom tower array dengan speaker 4' dan 1" hi driver. Speaker yang saya gunakan sendiri adalah speaker acr prestige 4' dengan impedensi 4ohm berjumlah 8 buah per box. Sedangkan untuk boxnya menggunakan multiplek 12mili dengan finising vircan dan spray cat warna merah. 


Untuk crosover pasifnya saya beli jadi 2 way dan saya ganti beberapa komponen seperti capasitor baik nilai dan dayanya agar lebih mid di bagian speaker 4'nya.

Dan Saya kombinasi dengan sub 15" dengan speaker lokal ACR Fabulous 1000watt dan dengan bok mini schope, 18 mili multiplek finishing cat tekture vircan dan spray cat warna merah


 Untuk tower collom array sendriri saya menggunakan crossover pasif 2 way, dan karena speaker ini dengan impedensi 4ohm maka  saya sambung secara seri pararel hingga keseluruhannya menjadi 8 ohm perbox.


setelah jadi langsung saya gunakan untuk sebuah acara weeding dengan musik orcestra berikut previewnya



Sedangkan Sistemnya saya menggunakan  Mixer Yamaha MGP32X setelah itu langsung LMS Behringer saya ambil perpotongan untuk mid hig collom mulai dari 120 Hz keatas dan kebawahnya untuk sub 15" dan power saya menggunakan costum blazer X6 untuk collom karena saya cari yang berdaya watt kecil sehingga speaker aman bila nanti terjadi peak gain dan untuk sub saya menggunakan yamaha P7500. Untuk hasil keseluruhannya sendiri, untuk tone sangat detail, apalagi untuk vokal dan instrumen acoustik seperti biola, flute dan brass, tetapi karena speker ini kecil maka untuk vokal kurang terasa tebal seperti speaker 10" atau 12", dan bila dibuka dipaksakan untuk kejar tebalnya maka suara akan pecah. 

Sedangkan untuk buget anggaran pembuatan 1 set ( 2 sub & 2 tower collom speker ) ini saya menghabiskan berikut perinciannya

Speaker  Acr prestige 4" 16 biji 800.000
Hig driver 2 biji  400.000
cross pasif 2way 2 biji 400.000
Box 1 pasang 750.000

Speaker ACR fab 15'  2 biji 3.200.000
Bok mini schop 15' 2 biji 1.600.000

Lebih Terjangkau dari pada bila kita membeli system yang sama dengan produk pabrikan. Salam kreasi DIY, Salam jedug.....

dibawah ini adalah beberapa ivent yang menggunakan costum collum tersebut

 Peringatan 100 tahun penampakan Bunda Maria di Fatima di Gereja Salib Suci Gunung Sempu


Pemberkatan Goa Maria di Gereja Bangun Harjo


Exposure AYD 2017 GHKY




2 komentar:

Anonim mengatakan...

Very energetic blog, I loved that a lot. Will there be a part 2?

R.B.sigit samodra wicaksana mengatakan...

Thank you, of course there will be a continuation