Sabtu, 07 Juli 2018

Review Hotel, Gedung dan tempat - tempat ngesound di Jogja

Salam sejahtera kawan - kawan Sound System. Saya ingin menuliskan beberapa tempat yang sering digunakan ivent dijogja, baik hotel, resort, gedung serba guna, ruang terbuka, sekolah dll, berikut fasilitas dan kemudahan akses loading alat. Untuk bagian pertama saya akan menulis tentang Hotel dan Resort dulu.


HOTEL & RESORT

Hotel Inna Garuda Ballroom
Hotel Inna Garuda sendiri terletak di pusat kota Jogja, tepatnya di malioboro. Akses masuk melalui pintu barat melalui jalan malioboro, letak ballroomnya berada di sisi timur. Ballroom cukup luas dengan pintu akses yang besar dan mobil angkut alat bisa berhenti tepat di depan pintu masuk ballroom yang berada di sisi utara. Untuk listrik cukup besar dan teknisi Enggenering dari hotel sendiri sangat ramah. Ballroom Sendiri sudah memiliki sound yang di tempel di dinding, tapi untuk keperluan musik band masih kurang sehingga biasanya bekerjasama dengan sound dari luar. Untuk acustik ruangan cukup baik, walau luas tetapi beralas karpet tebal sehingga ikut meredam gema.  Tetapi lebih baik bila ngesound disini diusahan bawa sepeaker delay agar suara merata.




Hotel Melia Purosani Ballroom dan Poll side
Hotel Melia Purosani juga terletak di pusat kota jogja yaitu di jalan Suyotomo, Pintu masuk ada disebelah timur dan balroom ada di sebalah barat. pintu akses mobil barang bisa langsung berhenti di depan pintu ballrom. Untuk luas ballroom sendiri tidak telalu luas, bisa dicover dengan 4 buah speaker monitor.  Untuk listrik cukup besar dan teknisi Enggenering dari hotel sendiri sangat ramah.Untuk acustik ruangan cukup baik,alas lantai dengan karpet tebal yang cukup bisa meredam gema dan di dinding menggunakan gibsum yang dapat meredam gema pula.


Untuk bagian poolside terdapat pendopo kecil yang biasa digunakan untuk pengisi acara musik dan aksesnya lumayan jauh sekitar 30 meter dari pintu dan berupa lorong disini ada baiknya menggunakan troli untuk memudahkan kerja. Untuk listrik cukup besar dengan panel di dekat pendopo. Cuma karena ini terletak di tengah halaman hotel kita perlu mengingat dan mnghormati tamu hotel lainnya, dengan tidak menggeber suara terlalu keras tapi usahakan clarity dan rata menyebar. Ada baiknya menggunakan speaker delay untuk diletakkan di beberapa titik.




Hotel Taman Eden 2
Hotel Taman Eden 2 berada di jalan kaliurang Memiliki sebuah Pendopo di belakang dan ballroom yang biasa digunakan. Untuk bagian ballroom tidak terlalu luas dengan bentuk persegi panjang. Untuk acoustik ruang banyak gema dan harus mnggunakan speaker delay, karena lantai belum beralas karpet cuma  beberapa bagian dinding menggunakan gibsum. Untuk listik termasuk besar cuma kadang tidak mencapai 220V  ada baiknya baiknya bila memabawa genset sendiri. Teknisi Enggenering dari hotel sendiri sangat ramah. Sedangkan akses kendaraan alat bisa masuk sampai di depan pintu ballrom dan pendopo. Sedangkan untuk pendopo tidak telalu luas tetapi dengan sisi yang terbuka luas jadi bisa lebih loss untuk setting soundnya.DIbagian luar ada halaman terbuka bisa diberi speaker monitor untuk delay.




Hotel Resort Kalyana
Kalyana Resort berada pula di jalan kaliurang tepat di atas Taman Eden 2. Untuk akses kendaraan hanya bisa di pintu masuk depan. Biasanya acara ada di halaman belakang yang luas dan akses jalan lorong yang lumaya jauh. Disini sangan diperlukan Troli kalo tidak ingin crew anda kelelahan karena olah raga angkut alat.  Untuk halaman belakan sendiri bukan merupakan tanah lapang yang rata melainkan beruapa celah turunan bukit, disini ada baiknya menyebar speaker di titik yang tidak tercover. Untuk daya listrik ada baiknya membawa genset sendiri tentunya dengan kabel yang panjang sampai ke lokasi.


Khayangan Resort
Khayangan resort terletak di Jl. Balong - Degolan, Donoharjo, Ngaglik sleman yogyakarta. Untuk akses jalan kelokasi sendiri tidak terlalu besar karena jalan pedesaan yang masih banyak sawah dikiri dan kanan jalan, tetapi jalan cenderung sepi sehingga kita tidak akan jumpai kemacetan seperti akses jalan di kota. Biasanya untuk acara terletak di privat area disebelah kolam renang dan pendopo. Untuk luas cover area tidak terlalu luas cuma kita harus menyebar speaker ke beberapa titik karena bentuk ruang yang tanjakan dan area terbuka berkolom - kolom. Sedangkan untuk loading alat harus banyak orang crew, karena akses jalan tidak bisa untuk troli karena jalan setapak dan naik turun walau tidak terlalu jauh dari parkiran mobil. Untuk listrik sendiri lumayan besar dan gedung memiliki genset sendiri yang biasanya ketika acara semua akan di cover genset.



Hotel Tentrem Meeting Room
Hotel Tentrem sendiri terletak  Jl. P. Mangkubumi 72A, Yogyakarta. Untuk akses kelokasi sendiri sangat mudah, karena terletak di pusat kota Yogyakarta. Tetapi pada jam - jam tertentu akan macet seperti jam pulang dan masuk kantor, ada baiknya bila ingin loading alat kita sesuaikan jam bila tidak ingin terjebak macet. Untuk alat sendiri sangan mudah, pintuk masuk berada di sebelah selatan dan barang bisa menggunakan akses lift barang. Untuk meeting room sendiri ruangan tidak telalu luas melainkan memanjang. Sedangkan untuk lantai dilantai dilapisi karpet, sehingga ikut meredam dan mengurangi gema. Di dalam meeting sendiri cuma sudah disediakan perangkat sound, tetapi hanya khusus untuk meeting, sedangkan bila ingin ada musik biasanya sound dari luar. Karena ruangan yang berbentuk persegi panjang lebih baik bila membawa speaker delay. Untuk listrik sendiri cukup besar dan teknisi Enggenering dari hotel sendiri sangat ramah.



Tidak ada komentar: