Senin, 03 September 2018

Speaker 3 inchi ternyata asik juga

Salam sejahtera sahabat penggiat dan pecinta sound system. Kali ini saya mau share ketika saya uji coba membuat midle speaker dengan komponen kecil berukuran 3 inchi.. "Ya 3 inchi bisa ga ya..??" ada rasa kawatir dan kayaknya ga mungkin. Tapi namanya juga uji coba harus berani dan tentunya mencari komponen yang sesuai. 

Beberapa hari saya main ke rumah teman - teman sound system di jogja. Sambil sharing dan menceritakan ide saya, beberapa teman ada yang ketawa, ada juga yang mendukung. Tapi ide liar ini tak terbendung, hahaha.... saya berpikir, menggunakan speaker apa ya, dan inspirasi malah muncul ketika saya lagi menonton TV. Ketika saya mendengar suara TV, suara cenderung vokal dan lantang, lalu saya coba besarkan volume dan suara pun tambah keras tapi tidak pecah. Lalu saya mencoba mencari info tentang speaker TV. tapi ternyata susah juga karena rata - rata berbentuk oval dengan impedensi kecil serta watt kecil. Hingga saya bertemu seorang teman teknisi sekaligus pecinta sound system dan dia  mengenalkan saya dengan sebuah speaker LG dengan impendensi 8 OHM dan daya 50 WATT, Langsung deh saya jatuh cinta. 

Setelah mendapatkan speaker saya langsung mencoba suara. Ternyta suaranya sangat midle lantang. Untuk melengkapi biar ada frekuensi hightnya saya menemani dengan komponen driver hight dari ACR dengan impedensi 8 OHM dan daya 150 WATT. Rencana saya mau buat tiap box berisi 4 buah speaker midle dan satu buah driver hight. Tentunya dengan crosover pasif didalamnya. Karena masing - masing speaker berimpedensi 8OHM maka satu bok rencana saya buat dengan nilai 8 OHM.
 
Setelah speaker didapat, saatnya membuat box. Untuk bok sendiri saya mau buat vented tanpa lubang angin. Menggunakan multiplek kayu keras 8 mili dan nanti finising dasar dengan cat texture, setelah itu di finishing dengan cat kayu. 
Untuk cat texture awal, saya menggunakan cat DEXA dengan pengaplikasian menggunakan roll.


Sebelum finishing  saya coba dulu sambil tuning crosover pasif. Untuk mendorong speaker ini saya menggunakan power blazer X6. Hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Suara vokal sangat jelas dan detail, ditambah dengan hight driver tambah enak suaranya, sangat jernih.

Tapi belum afdol klo belum dicoba secara live.
Maka tanggal 16 Agustus 2018 kemarin saya coba untuk live, dan ternyata setelah saya gunakan untuk live organ tunggal saya kombinasi dengan speaker 15 " fabulous dengan susunan 2 buah box hight 3" dan 15"  dua buah box kiri dan kanan untuk FOH dengan didorong power blazer X6 untuk hight dan Yamaha P5000 untuk low, equalizer dan crosover menggunakan Behringer dan Mixer menggunakan Yamaha MG16XU hasil suara tidak mengecewakan. dapat mencover luas area seluas lapangan bulutangkis dengan baik, tanpa kendala dan suara vokal sangat jernih.
Demikianlan uji coba saya dengan menggunakan speaker 3" untuk midle hight sistem. Klo ingin mencoba silahkan mencoba..  Salam kreasi D I Y


Tidak ada komentar: